HEBAT ; SISWA MAN 1 LOTIM MELAJU KE PINAL OLIMPIADE APBN KEMENKEU RI 2021

-Kembali MAN 1 Lotim menunjukkan kelasnya dalam kompetisi bidang ekonomi yakni olimpiade APBN yang digelar secara berjenjang oleh Kemenkeu RITahun 2021. Lomba ini digelar secara nasional dan menjadi kompetisi yang cukup bergengsi karena dilaksanakan oleh Kemenkeu dengan ribuan peserta dari sekolah dan madrasah hebat setingkat SLTA Se_Indonesia. Lomba ini digelar secara online dengan sistem rayon/wilayah yakni wilayah 1 untuk seleksi di Riau, Sumatra, Jambi dan Aceh DKI, wilayah 2 untuk provinsi Sepulau-Jawa, Bali, Yogyakarta dan Banten, wilayah 3 untuk provinsi Se-Kalimantan, NTB dan NTT dan wilayah 4 terdiri dari Se-Sulawesi, Maluku dan Papua. Masing-masing wilayah terpilih 25 tim terbaik yang selanjutnya melaju ke semipinal nasional dan dilanjutkan terpilih 15 tim terbaik untuk pinal. Lomba ini diatur bertim dengan bentuk soal pilihan ganda dan essai untuk selekasi tahap 1, baru dilanjutkan dengan lomba tahap 2 dengan model soal uraian, pilihan ganda, essai dan presentasi papar Zakaria, S.Pd selaku pembina tim study club ekonomi MAN 1 Lotim.

Lomba ini merupakan lomba yang digelar setiap tahun oleh kemenkeu dan tahun lalu tim MAN 1 Lotim berhasil masuk 10 besar dan tahun ini kita berharap bisa masuk 5 besar, harap Zakaria. Karena itu kita perlu memantapkan persiapan dengan menambah porsi waktu dan pilihan materi yang tepat serta mendalam agar tampilan siswa kami bisa berada dalam.performa terbaik. Termasuk kemampuan siswa membuat essai tentang APBN dan kemampuan presentasi.
Tim MAN 1 Lotim yang diterjunkan pada lomba ini terdiri dari 4 tim dan setelah bersaing dengan ribuan peserta dari sekolah_sekolah hebat di 4 wilayah provinsi lain, 2 tim MAN 1 Lotim akhirnya dinyatakan lolos 25 besar yang melaju ke tingkat nasional wakili provinsi NTB dan tim 1 yang terdiri dari Yulida Sri Utami Utami siswi XII IPS 1, Bidayatul Izzah XII IPS 1 dan Laela Jasmini XII 3 berhasil meraih juara 1 pada rayon 3 untuk wilayah kalimantan, NTB dan NTT. Dan berhak melaju ke pinal dengan sistem lomba offline ke Kemenkeu RI di Jakarta sekitar nopember 2021,
papar M Nurul Wathoni selaku Kepala MAN 1 Lotim.

Lanjut Wathoni, bahwa capaian prestasi tim siswanya ini yang berhasil wakili rayon 3 bukan hal yang mudah terlebih bisa meraih juara 1 dari persaingan yang cukup ketat juga termasuk juga cakupan materi soal yang cukup luas terkait APBN. Tapi alhamdulillah bisa kita unggul meraih juara 1 dan siap melenggang ke Jakarta. Tentu kita butuh persiapan yang lebih mendalam lagi untuk bisa bersaing nantinya di saat pinal karena itu dijeda waktu yang ada akan kita manfaatkan untuk bimbingan tambahan termasuk mendatangkan pembimbing dari Unham agar penguasaan siswa bisa lebih luas, ungkap Wathoni penuh optimisme

Sementara itu ditempat terpisah saat dihubungi tim jurnalis via telpon, Kakanmenag Lotim H Sirojuddin menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas capaian prestasi ini. Luar biasa bisa melaju pinal ke Kemenkeu. Semoga nantinya bisa meraih hasil terbaik, kita doakan semoga tahun ini tim MAN 1 Lotim bisa mendapatkan keberuntungan. Insya alloh kita optimis kalau kita lihat semangat dan pembinaannya yang kontinyu di sekolah termasuk dukungan pimpinan sekolah yang luar biasa pada ikhtiar siswa meraih prestasi. Amin tutupnya. (nwt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *