DAHSYAT! 2 TIM MAN 1 LOTIM LOLOS WAKILI NTB DI OLIMPIADE APBN KEMENKEU RI 2021

Mansalotim-Kemenkeu RI menggelar olimpiade APBN Tahun 2021 yang digelar secara nasional. Kompetisi bergengsi ini digelar secara online dengan sistem rayon/wilayah yakni wilayah 1 untuk seleksi di Riau, Sumatra, Jambi dan Aceh DKI, wilayah 2 untuk provinsi Sepulau_Jawa, Bali, Yogyakarta dan Banten, wilayah 3 untuk provinsi Se_Kalimantan, NTB dan NTT dan wilayah 4 terdiri dari Se_Sulawesi, Maluku dan Papua. Masing_masing wilayah dipilih 25 tim terbaik yang selanjutnya melaju ke semipinal nasional dan dipilih 15 tim terbaik untuk pinal. Lomba ini diatur bertim dengan bentuk pilihan ganda dan essai untuk selekasi tahap 1, baru dilanjutkan dengan lomba tahap 2 dengan model tentang pilihan ganda, essai dan presentasi papar Zakaria, S.Pd sebagai pembina tim studi klub ekonomi MAN 1 Lotim.

Lomba ini merupakan lomba yang digelar setiap tahun oleh kemenkeu dan tahun lalu tim MAN 1 Lotim berhasil masuk 10 besar dan tahun ini kita berharap bisa masuk 5 besar, harap Zakaria. Karena itu kita perlu mempersiapkan persiapan dengan menambah porsi waktu dan pilihan materi yang tepat serta mendalam agar tampilan siswa kami bisa dalam.performa terbaik. Termasuk kemampuan siswa membuat esai tentang APBN dan kemampuan presentasi.

Tim MAN 1 Lotim yang diterjunkan pada lomba ini terdiri dari 4 tim dan setelah bersaing dengan peserta dari sekolah_sekolah hebat di 4 wilayah provinsi lain, 2 tim MAN 1 Lotim akhirnya dinyatakan lolos 25 besar yang melaju ke tingkat nasional wakili provinsi NTB. Tim 1 terdiri dari Yulida Sri Utami Utami siswi XII IPS 1, Bidayatul Izzah XII IPS 1 dan Laela Jasmini XII 3. Selanjutnya tim 2 yang melaju wakili NTB terdiri dari L. Ikhlasul Insani XII MIIA 1, Yusri Asyifa XII MIIA 2 dan Satya Ulumuna Lestari XII MIIA 2, papar M Nurul Wathoni selaku Kepala MAN 1 Lotim.

Lanjut Wathoni, bahwa capaian 2 tim siswanya ini yang berhasil wakili NTB bukan hal yang mudah karena materi tentang dan saingan kita di wilayah 3 sebagai rayon NTB juga bukan lawan_lawan yang enteng karena diikuti oleh sekolah_sekolah terbaik di wilayah Kalimantan, NTB, NTT. Tapi alhamdulillah dari 5 tim wakili NTB, 2 tim diantaranya adalah tim siswa MAN 1 Lotim dan 1 tim dari MAN IC Lotim serta 2 tim dari SMAN 7 Mataram . Ini patut diapresiasi dan tentu menjadi beban kita agar bisa mengharumkan NTB karena bimbingan yang lebih fokus terus dilakukan termasuk pembimbing dari luar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang APBN serta masalah ekonomi lainnya. Sekolah siap memberikan dukungan baik pembiayaan maupun lainnya sebagai bentuk komitmen madrasah untuk memberikan dukungan terbaik bagi ikhtiar siswa merebut prestasinya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *