Torehan Prestasi Kembali di Sabet oleh Man 1 Lotim dalam Lomba Essai Sosiologi Unram

Torehan prestasi kembali diraih MAN 1 Lotim. Kali ini datang dari salah satu siswinya yang selama ini aktif di study club Sosiologi yakni Dewi Intan yang berhasil meraih juara 3 lomba essai tingkat SLTA Se_NTB yang digelar oleh Fisipol Unram pada minggu pertama dan kedua pada bulan Nopember 2021 ini dengan hadiah yang berhasil dibawa Dewi Intan berupa piagam dan dana pembinaan sebesar 1 juta.

Pada lomba essai kali ini Dewi Intan mengangkat judul essai ” Optimalisasi Peran keluarga untuk mengatasi kesehatan mental anak pada masa pandemi covid 19. Dalam essainya Dewi Intan menyampaikan bahwa pada masa pandemi covid 19 peran keluarga sangat penting bukan saja hanya untuk memenuhi kebutuhan anak tapi juga keluarga harus mampu berperan sebagai patner dalam proses pembelajaran daring. Hal karena karena belajar darimg merupakan tantangan baru bagi siswa sehingga sangat diperlukan peran keluarga secara optimal. Komdisi yang terjadi banyak siswa merasa stress bahkan kurang termotivasi dalam pelajaran daring. Sehingga fungsi keluarga secara maksimal harus berjalan sesuai dengan fungsinya sebagaimana teori sosiologi yaitu teori fungsional struktur yang dikemukakan oleh Talcot Person. Bahwa apabila masyarakat tidak menjalankan sesuai dengan fungsinya maka akan terjadi gesekan bahkan menyebabkan permasalahan sosial salah satunya adalah kesehatan mental siswa.

Sementara itu Hj Siti Surodiana sang pembina Dewi Intqn pada study club Sosiologi dan Debat MAN 1 Lotim menyampaikan bahwa pada lomba essai ini, kami mengirimkan 3 siswa yakni Sri Rizky Amelia Putri, Fadila Safarina dan Dewi Intan. Dan alhamdulillah Ketiga siswi kami berhasil masuk 10 pinalis yang berhak untuk pinal dengan presentasi secara virtual. Dari hasil presentasi itulah kemudian tim juri menentukan juara dan hanya satu yang dapat meraih juara yakni Dewi Intan.

Lanjut Surodiana, memang kami berharap ketiga siswi kami bisa meraih juara tapi saat presentasi jaringan internet terganggu yang mengakibatkan tampilan siswa kami kurang maksimal. Tapi itulah lomba selalu ada dinamika dan harus bisa menerima hasil dengan lapang dada karena kami berkompetisi bukan semata_mata untuk meraih piala tapi bagaimana semua proses dijalani siswa dengan maksimal dan hasilnya serahkan pada dewan juri dan kami juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas nama madrasah, pada tim panitia dari prodi Sosiologi Fisipol UNRAM karena sudah menggelar lomba sebagai ruang bagi siswa kami untuk berkompetisi yang hasilnya dapat menjadi bahan evaluasi dan motivasi kami untuk semakin semangat melakukan pembinaan dan seterusnya.

Ditempat terpisah, kamad MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni yang dihubungi tim jurnalis media ini disela_sela acara penerimaan piagam dan hadiah lomba dari siswa pada Rabu 17 Nopember 2021 menyatakan rasa bangganya atas capaian prestasi siswa binaannya. Bahwa torehan prestasi siswa yang mengalur terus setiap minggu di MAN 1 Lotim ini merupakan buah dari kerja keras dan semangat dari para siswa dan pembina yang secara rutin dan telaten memberikan bimbingan pada siswa melalui 40 an ektrakurikuler yang ada di MAN 1 Lotim. Dan ektra ini termasuk lombanya didukung secara penuh oleh pihak madrasah termasuk pembiayaan lomba dan apresiasi pada para juara, urai M Nurul Wathoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *