Raih Juara Umum Lomba KIR Di ITS Surabaya : Siswa MAN 1 Lotim Bawa Hadiah 5 Juta Rupiah

2 Tim KIR (Karya Ilmiah Remaja) MAN 1 Lombok Timur kembali meraih gelar juara nasional dalam inovasi bidang kelautan yakni mampu menyabet predikat juara 2 dan 3 dalam Lomba Maket TTG Bidang Kelautan yang digelar oleh Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan berhasil membawa hadiah uang sejumlah 5 juta rupiah, papar Bohari Muslim sebagai pembina KIR MAN 1 Lotim.

Lomba yang bertajuk TRANSFEST (Seatrans Festival) 2021 tersebut merupakan event terbesar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Tekhnik Transportasi Laut (HIMASEATRANS) FTK-ITS. Kegiatan ini dilakukan sebagai bukti nyata bahwa Teknik Transportasi Laut FTK-ITS mampu berkontribusi dalam perkembangan teknologi maritim di era revolusi industri 4.0 ini.

Lomba TRANSFEST 2021 ini digelar secara virtual, dimana tahap awal adalah seleksi vidio karya inovasi (September), kemudian tahap selanjutnya yaitu pembuatan proposal karya ilmiah. Terakhir adalah tahap persentasi secara virtual.

Adapun siswa siswi yang berhasil meraih gelar juara dalam TRANSFEST tahun ini yaitu Bq. Nabila siswa kelas XI IPA1, Yuni Alifia kelas XI IPA 4 dan M. Sya’rowi Ismail kelas XI IPA 5 yang mampu meraih juara 3 dengan karya inovasi bernama Seacebo (Sea Cleaning Boat), yakni alat pembersih sampah laut yang berbasis IoT. Selanjutnya Juara 2 diaraih oleh tim 2 yaitu, Arif Ansor XI IPA 2, Nisa Isma Rahayu X IPA 2, dan Ahmad KHolil Daffa XI IPA 1 dengan karya inovasi bernama Ecobox, yakni sebuah rancangan pendingin ikan bertenaga angin guna meningkatkan daya saing di bidang Maritim.

Lebih jauh lagi Bukhori Muslim selaku pembina KIR MAN 1 Lombok Timur, mengungkapkan bahwa siswa siswi yang lolos Tranfest tahun ini melewati banyak tahap, diantaranya tahap pembuatan vidio, tahap pembuatan proposal, sampai tahap terakhir yaitu persentasi.

“Alhmdulilah semua tahap dapat dilewati dengan baik oleh siswa siswi sehingga 2 Tim MAN 1 Lombok Timur berhasil lolos dan keluar sebagai juara 2 dan 3 dengan berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan untuk juara 2 sebesar 3 juta rupiah dan juara 3 sebesar 2 juta rupiah, ungkapnya saat mendampingi siswa menerima penghargaan dari Kepala MAN 1 Lotim, M. Nurul Wathoni pada apel bendera hari pahlawan 10 Nopember 2021 di Lapangan MAN 1 Lotim.

Di tempat lain, apresiasi atas pencapaian MAN 1 Lotim yang luar biasa datang dari berbagai pihak, terutama Kakanwil Kemenag NTB, Dr. KH. Zaidi Abdad. Beliau menyampaikan bahwa prestasi siswa madrasah di NTB sudah banyak mengharumkan nama daerah di kanca nasional.

“tradisi meraih prestasi siswa madrasah ini harus terus dipelihara, hal ini tentu membutuhkan dukungan berbagai pihak termasuk komitmen guru dan Kamad untuk terus giat mengembangkan potensi bakat siswa dalam penguasaan berbagai bidang termasuk penguasaan Teknologi Tepat Guna seperti yang sudah sudah ditunjukkan secara nyata oleh siswa MAN 1 Lotim”.

Kedepan Kakanwil Kemenag NTB berharap agar prestasi siswa madrasah dapat diapresiasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) NTB.

“Kami berharap agar prestasi siswa madrasah yang memiliki talenta untuk kemajuan daerah dan bangsa dapat diapresiasi oleh Pemda”. Sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *