Dirjen Pendis Kemenag RI melalui Direktur GTK ( Guru Dan Tenaga Kependidikan) Madrasah menggelar seleksi Guru Madrasah Menulis Tingkat Nasional yang merupakan program Kementerian Agama Ditjen GTK dalam Madrasah Reform.
Kegiatan penganugrahan guru menulis ini berlansung di Hotel Grand Ussu & Conventions Puncak Cisarua Bogor Jawa Barat yang berlangsung dari tanggal 17 sd 19 Nopember 2022 yang dibiayai secara penuh oleh Kemenag RI termasuk pada pinalis juga diberikan reward uang tunai dan piagam peghargaan guru menulis Kemenag RI Tahun 2022.
Apresiasi juga diberikan berupa dipublikasikannya karya ilmiah para pinalis pada 10 journal yang di kelola oleh Fakultas UIN Se Indonesia yang disiapkan dan dimanfaatkan menjadi ruang bagi guru berprestasi ini mempublikasikan karya ilmiahnya. Kegiatan ini menargetkan semua artikel yang dapat pembinaan akan dipublikasikan di jounal ber OJS terindeksi SINTA. Dan alhamdulillah Wakil NTB khususnya dari MAN 1 Lombok Timur yang diwakili Samsul Bahraen terpilih karya ilmiahnya yang berjudul “Nilai Moderasi Beragama Pada Buku Digital Madrasah (Analisis Buku Fiqih Madrasah Tsanawiyah Kelas VII ” masuk di Rumah journal UIN Bengkulu dan UIN Mataram, ungkap Samsul Bahrain sebagai pseerta yang lolos seleksi.
Lebih lanjut Bahrain mengatakan bahwa karya ilmiahnya ini dilatarbelakangi oleh adanya pengembangan moderasi beragama melalui pendidikan formal di madrasah yang diharapkan menjadi bagian dari sebuah budaya (school culture). Untuk tujuan membangun sebuah budaya, madrasah dapat menerapkan beberapa kegiatan yang membentuk karakter moderasi beragama. Moderasi beragama menjadi isu utama dalam beberapa tahun belakangan ini, tidak hanya masuk dalam perbincangan dalam ruang politik akan tetapi juga masuk dalam ranah diskusi akademik/pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama pada Buku Digital Madrasah Tsanawiyah Mata Pelajaran Fiqih kelas VIII Kurikulum 2013.
Lanjut Bahrain, metode penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif non-interaktif dengan jenis Penelitian kepustakaan (Library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisa dokumen, dan untuk teknik analisis data menggunakan tipe Analisis Isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat nilai-nilai moderasi beragama dalam buku siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII. Nilai-nilai moderasi mencakup nilai Al-Ishlah ( Nilai Bijak), Muwathanah (Cinta Tanah Air), I’tidal/bersikap proporsional, Tasamuh(Toleransi), Qudwah (Nilai Keteladanan), dan Tahadhur (Nilai Berkeadaban), ungkapnya.
Atas torehan prestasinya salah satu gurunya ini, kepala MAN 1 Lotim.M.Nurul Wathoni menyampaikan rasa bangganya bahwa di MAN 1 Lotim semangat guru dalam ikhtiar pengembangan potensi diri bisa sejalan dan beriringan dengan semangat siswa dalam pengembangan prestasinya sehingga sinergi keduanya menjadi kekuatan yang besar untuk mewujudkan MAN 1 Lotim.menjadi madrasah mandiri berprestasi. Dan atas capaian prestasi ini, pihak madrasah juga memberikan reward pada guru yang bersangkutan sebagai bentuk suport pada semangat guru dalam meningkatkan kualitas diri.
Ditempat terpisah, kakanmenag Lotim.H Sirojuddin menyampaikan, prestasi yang diraih guru MAN 1 Lotim yang sukses wakili NTB di pentas nasional cukup membanggakan kita semua dan kita berharap prestasi guru MAN 1 Lotim ini bisa menjadi motivasi bagi guru madrasah lainnya. Bahwa SDM guru juga harus terus ditingkatkan untuk bisa menjadi guru yang bisa memberikan bimbingan dan pengajaran yang bisa berimbas pada prestasi siswa. Guru juga harus mengimbangi kemampuan dan kebutuhan siswa karena itu kemampuan guru juga harus terus diupdate dan dikembangkan, tegas Sirojuddin.