OCHOBOT SEBAGAI TIM ROBOTIK KE 2 MAN 1 LOTIM YANG MELAJU WAKILI NTB DI AJANG KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH 2021

Ochobot merupakan tim robotik MAN 1 Lotim yang beranggotakan M.Sya’rowi ismail, dan Wazinatul Firda berhasil lolos seleksi tahap 1 pada lomba robotik madrasah yang diselenggarak direktur KSKK Kemenag RI Tahun 2021. Jenis robotik yang kami ikuti pada lomba kali ini adalah kategori inovasi rancang bangun. Disini kami membuat Robot bernama SIMPANSE atau singkatan dari disinfektan semprot. Robot ini berfungsi untuk menyemprotkan disinfektan secara otomatis.

Ide ini berawal saat kami melihat beberapa bapak guru atau penjaga sekolah melakukan penyemprotan disinfektan tanpa menggunakan alat bantu yang mungkin saja kandungan kimia yang terkandung dalam disinfektan tersebut akan mengenai kulit atau tubuh mereka papar Syakrowi selaku ketua tim yang didampingi pembina ICT MAN 1 Lotim Rasyid Hardi.

Lebih jauh Syakrowi menjelaskan tentang komponen robotiknya yakni arduino sebagai mikrokontroler dari robot, lalu terdapat sensor ultrasonik yang memberikan arahan gerak, dimana nantinya sensor ini akan mengetahui apakah ada halangan di depannya atau tidak, jika terdapat halangan maka robot akan bebrbalik arah dan mencari jalan lainnya. lalu sebagai penggerak ada roda dan motor dc, serta komponen penyemprotannya yaitu selang, botol disinfektan bekas, dan pompa air mini untuk menyemprotkan disinfektan melalui robot. Selanjutnya robot Simpanse bekerja secara otomatis dan bergerak secara otomatis.

Cara kerja robotnya ini adalah menyemprotkan disinfektan yang sudah diatur melalui program. Aturannya disini saat
robot bergerak maju dan terdapat suatu halangan di depannya, maka robot akan mundur dan
mencari jalannya untuk melanjutkan kembali menyemprotkan disinfektan ke semua ruangan. Kecepatan robot dan arah mundur diatur dengan program.
Jarak semprotan yang bisa dihasilkan bisa mencapai maksimal 2 meter. Oleh karena itu,
saat menyalakan simpanse ini harus berhati hati, tidak membelakangi robot agar saat
menyemprot tidak terkena disinfektannya.

Dalam rancangan selanjutnya, kami akan menambahkan beberapa fungsi kerja dari alat
ini, agar selain hanya membantu menyemprotkan disiinfektan, tetapi juga melakukan tugas
tugas yang lain yang dapat berguna bagi lingkungan rumah, sekolah dan tempat lainnya. Tidak
hanya guna mengikuti lomba, tetapi juga dapat di terapkan lebih lagi dalam kehidupan di masa ini papar Syakrowi.

Sementara itu kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyatakan rasa bangganya atas lolosnya 2 tim robotik MAN 1 Lotim melaju ke semipinal lomba robotik madrasah tahun ini. Insya alloh dari sisa waktu yang ada tim siswa akan melakukan penyempurnaan alat yang telah dibuat agar lebih baik untuk dapat menyakinkan juri nantinya saat presentasi dan unjuk karya secara virtual. Semoga tim kami ini bisa meraih hasil terbaik harap wathoni. (nwt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *