Kepala MAN 1 Lotim: Madrasah Reform Ajang Evaluasi Menuju Madrasah Unggul

MAN 1 Lombok Timur pada Senin, 14 September 2021 ikut serta dalam lomba madrasah Reform tahun 2021 yang digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan sarana menunjukkan semangat perjuangan dikalangan madrasah guna mewujudkan madrasah hebat bermartabat. MAN 1 Lotim sebagai satu-satunya madrasah Aliyah (MA) yang mewakili kabupaten Lombok Timur.

Sebelumnya MAN 1 Lotim meraih juara 1 lomba madrasah reform tingkat kabupaten dan ditunjuk mewakili Lotim di tingkat provinsi. Kepala MAN 1 Lombok Timur, M. Nurul Wathoni, M.Pd menyambut baik ajang kompetisi madrasah reform yang digelar Kanwil Kemenag NTB. Menurut Wathoni, ajang ini sangat bagus untuk mengembangkan kinerja madrasah agar terus melakukan pembenahan pada bidang belajar mengajar, mutu guru, sarana prasarana dan prestasi siswa. Apapun hasilnya dari lomba ini kita serahkan kepada Allah dan penilaian dewan juri yang terpenting kita sudah berusaha dengan maksimal.

“MAN 1 LOTIM menyambut baik kompetisi madrasah reform yang digelar oleh Kanwil Kemenag NTB, ini ajang untuk mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik dari segala sesuatu, apapun hasil yang kita terima yang terpenting kita sudah berusaha dengan maksimal” Ucap Kepala MAN 1 Lotim.

Tim penilai yang diterjunkan oleh Kanwil Kemenag NTB yakni H Jalaludin, M.Ed yang juga memiliki sebagai Kasi Kurikulum Kemenag NTB dan ketua Pokjawas madrasah NTB, Ahmad Ikmal, M.Pd.

Dalam sambutannya, Ahmad Ikmal menyampaikan bahwa madrasah ini bertujuan untuk mengingkatkan mutu madrasah. akan bekerja secara profesional dengan penilaian yang objektif terhadap madrasah yang mengikuti kompetisi ini.

“Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu madrasah sehingga ini harus dilakukan dengan objektif dan profesional” uangkapnya.

Lebih lanjut, dia mengakui bahwa MAN 1 LOTIM termasuk madrasah berprestasi, karena menurut pantauannya dari media sosial bahwa MAN 1 Lotim tida Minggu tanpa prestasi. Hal ini diakui karena sering melihat postingan kepala MAN 1 Lotim lewat media sosial.MAN 1 Lotim ini madrasah berprestasi, tiada minggu tanpa prestasi” menyimpulkan. Dan melalui reformasi madrasah ini kita akan melihat 4 komponen layanan pendidikan di MAN 1 Lotim apakah telah berjalan dengan baik atau masih perlu banyak pembenahan_pembenahan. Dalam penilaian madrasah reformasi ini mengacu pada komponen dan instrumen akreditasi madrasah/sekolah yakni proses pembelajaran, mutu lulusan, manajemen madrasah dan sarana Dan penilian kita tidak hanya menyangkut bagaimana kelengkapan dokumen fisik tapi bagaimana kinerja dari semua komponen yang ada di madrasah, tegas Ikmal.

Sementara itu, H. Jalaludin, M. Ed sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh MAN 1 Lotim karena lebih banyak prestasi di tingkat nasional dari tingkat provinsi dan kabupaten.

“Ini MAN 1 Lotim hebat ya, prestasinya seperti terbalik, lebih dari prestasi tingkat nasional lokal” ujarnya saat memberikan penilaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *