TIM PENGAWAS VISITASI MAN 1 LOTIM DALAM RANGKA MADRASAH REFORM KANWIL KEMENAG NTB 2021

Kanwil kemenag NTB menggelar event madrasah reform yakni upaya untuk memberikan penghargaan pada capaian madrasah dalam bidang mutu pendidikan, tata kelola manajemen, mutu lulusan dan prestasi madrasah. Program ini dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten kota sampai kanwil kemenag NTB yang nantinya terpilih beberapa madrasah yang selanjutnya akan diberikan reward pada acara puncak hari santri kanwil kemenag NTB oktober 2021 ungkap M. Nurul Wathoni selaku kepala MAN 1 Lotim saat menerima kedatangan tim penilai madrasah reform dari tim kemenag Lotim pada senin 6 September 2021.

Lanjut Wathoni bahwa MAN 1 Lotim untuk tahun ini terpilih mewakili lotim untuk seleksi madrasah reform tingkat kanwil NTB. Tahun ini menjadi tahun pertama gelaran kegiatan ini dan mudahan tetap berlanjut di tahun_tahun mendatang sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat madrasah untuk merebut prestasi dan meningkatkan mutu layanan pendidikannya dan semoga tahun depan dapat juga diikuti oleh teman_teman madrasah swasta yang memang punya semangat dan kapasitas dalam meraih prestasi dan seterusnya.

Lebih jauh Wathoni menyatakan bahwa insya alloh MAN 1 Lotim telah siap mengikuti penilaian tim kanwil dengan telah menyiapkan dokumen fisik dan lainnya untuk 4 komponen penilaian yakni dokumen mutu lulusan, tata kelola manajemen madrasah, proses pembelajaran, prestasi siswa, guru dan madrasah dan sarana. Semua komponen tersebut harus dibuktikab dengan dokumen yang lengkap termasuk sangat dominan bahwa semua komponen itu harus dilengkapu dengan prestasi baik internasional, nasional, provinsi dan kabupaten. Kalau komponen sarana, proses, dan mutu guru mungkin sama saja dengan madrasah lainnya tapi dalam capaian prestasi siswa, guru, kamad dan tata kelola keuangan menjadi penentu dari penilaian ini karena itu penting ke depan madrasah harus terus ikhtiar merebut prestasi dalam berbagai bidang yang dilakukan oleh semua komponen madrasah.

Dalam memaksimalkan persiapan, MAN 1 Lotim membentuk tim kerja yang divisitasi oleh tim penilai dari unsur pengawas kemenag Lotim. Dan kita sudah 2 kali melaksanakan visitasi untuk bisa mendapatkan dokumen yang lebih lengkap dan seterusnya. Insya alloh kita telah siap dan sudah ikhtiarkan maksimal dan penilaian akhirnya kami serahkan sepenuhnya pada hasil penilaian tim kanwil kemenag NTB yang akan dilakukan pertengahan september 2021 ini.

Sementara itu H Suardi, SH selaku kasubag TU Kemenag Lotim menyampaikan apresiasi pada ikhtiar MAN 1 Lotim dan madrasah lainnya yang terpilih wakili Lotim dalam ajang madrasah reform di tingkat kanwil kemenag NTB. Karena sudah dipercaya maka kami berharap agar disiapkan secara maksimal dengan harapan semoga madrasah lotim dapat meraih prestasi terbaik nantinya. (Nwt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *